Home / Siaran Pers / Sosialisasi SMKI, Penyerahan Sertifikat ISO 27001, dan Peningkatan Pelayanan Publik melalui Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Mimika

Sosialisasi SMKI, Penyerahan Sertifikat ISO 27001, dan Peningkatan Pelayanan Publik melalui Identitas Kependudukan Digital di Kabupaten Mimika

Timika – Pemerintah Kabupaten Mimika terus berkomitmen meningkatkan tata kelola keamanan informasi dan kualitas pelayanan publik berbasis teknologi. Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan Sosialisasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI), penyerahan Sertifikat ISO 27001, serta pengenalan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Yang digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika, bertempat di Ballroom Hotel Swiss-Beliin Timika, Rabu (27/8/2025).

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pejabat pemerintah daerah, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan instansi vertikal, hingga mitra strategis yang bergerak di bidang teknologi dan pelayanan publik.

Dalam sambutannya, Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., M.M., menyampaikan bahwa penerapan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) merupakan langkah strategis dalam menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data pemerintah daerah. Dimana Kabupaten Mimika masih berada pada level 2 dari skala maksimal 5. Nilai yang diperoleh ini karena masih minimnya partisipasi instansi vertikal dan OPD dalam pemanfaatan sistem satu data.

“Di era digital, keamanan data menjadi prioritas utama. Sertifikasi ISO 27001 yang kita raih adalah bukti bahwa Kabupaten Mimika siap memberikan layanan publik yang transparan, aman, dan terpercaya. Walaupun masih banyak instansi yang belum mengakses sistem satu data dan kta patut berbangga, karena di seluruh papua hanya Mimika yang tiga OPD-nya sudah mendapatkan sertifikat ISO 27001,” ujar Bupati.

Pemkab Mimika terus berupaya mendorong seluruh OPD untuk meraih sertifikasi serupa. “Saya akan terus memonitor, agar seluruh OPD wajib memiliki sertifikasi ISO ini. Yang jadi masalah itu hanya soal mau atau tidak,” tegasnya.

Bupati menambahkan bahwa capaian Pemkab Mimika telah berhasil meraih penghargaan sebagai daerah dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) terbaik. Haruslah dijaga dengan konsitensi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan berbasis data.

Melalui kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Mimika menegaskan komitmennya untuk mengintegrasikan teknologi dalam pelayanan publik sekaligus melindungi data pribadi masyarakat.

“Transformasi digital tidak hanya soal teknologi, tetapi juga membangun kepercayaan publik. Dengan sistem keamanan yang kuat dan layanan yang mudah diakses, kita berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat, efisien, dan akuntabel,” tutup Bupati.

Dengan adanya sosialisasi SMKI, perolehan Sertifikat ISO 27001, serta implementasi IKD, Kabupaten Mimika semakin mantap menuju tata kelola pemerintahan berbasis digital yang modern dan berstandar internasional. (HPMMK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *